Thursday, July 21, 2011

flat shoes usir sakit lutut

*maylafellie miew!*

hay hay..
miew mw bagi-bagi info lagi nih:)

miew dapet dari mediaindonesia.com
masi nyangkut soal sepatu -kali ini soal flat shoes-, berkaitan sama soal kesehatan :)
semoga bermanfaat yaahhh..


JIKA Anda menderita sakit lutut akibat radang sendi, ada baiknya mengenakan sepatu datar dan lentur. Sepatu jenis ini, menurut temuan peneliti, bisa mengurangi stres terhadap persendian dan membuat Anda lebih nyaman.

Dalam studi perbandingan ini, peneliti mengevaluasi tekanan atau beban terhadap lutut saat partisipan mengenakan bakiak, sepatu atletik dengan fitur stabil, sepatu  datar, sandal jepit, dan jalan tanpa alas kaki. Hailnya sepatu yang datar dan lentur, menurut pemimpin studi Najia Shakoor, MD, dari Rush Medical College, menunjukkan hasil terbaik.

"Dari studi sebelumnya, kita tahu bahwa jalan tanpa alas kaki bagus untuk beban lutut," terang Shakoor, seperti dikutip situs webmd.com, Senin (29/3)."Kita ingin mencaritahu apakah sepatu berbeda mempunyai efek berbeda terhadap lutut, jadi kita membandingkan keempat jenis sepatu tersebut dengan jalan tanpa alas kaki."

 
Yang mengejutkan, terang Shakoor, jenis sepatu yang selama ini kita anjurkan pada pasien dengan radang sendi lutut (sepatu dengan fitur stabil dan bakiak) justru memicu beban terbesar.

Sepatu terbaik

Tim Shakoor mengevaluasi 31 laki-laki dan perempuan dengan radang sendi lutut. Gaya atau kemampuan jalan partisipan diukur saat mengenakan:
  • Bakiak atau teklek
  • Sepatu atletik yang dinyatakan meminimalkan risiko kaki tergulung.
  • Sepatu datar (flat walking shoes)
  • Sandal jepit

Shakoor mengukur momen tekanan lutut, mengukur besarnya gaya pada lutut saat Anda berjalan.

"Sepatu datar, jalan tanpa alas kaki, dan sandal jepit menimbulkan beban yang sama terhadap lutut," terang Shakoor."Tapi bakiak dan sepatu fitur stabil menimbukan tekanan atau beban 15 persen lebih tinggi."


Studi ini, terang Shakoor, masih termasuk studi awal sehingga masih terlalu dini untuk menganjurkan perubahan. Tapi beberapa studi, lanjut dia, telah mengindikasikan bahwa alas kaki yang datar dan lentur lebih bisa membantu mengurangi beban pada lutut dibandingkan alas kaki yang kurang lentur dan mempunyai tumit lebih tinggi. Sepatu dengan fitur stabil cenderung mempunyai tumit lebih tinggi dibandingkan sepatu atletik lainnya.

"Menurut kami, kedataran dan kelenturan merupakan sumber dari manfaat positif ini.

Akan tetapi, lanjut Shakoor, studi ini tidak mengajak Anda menggunakan sandal jepit. Sepatu datar, terang dia, mungkin lebih aman dibandingkan sandal jepit."Khususnya dari segi stabilitas dan risiko terjatuh."

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...